TRACKING SIARAN THAICOM 5 DAN NSS 6 KU-BAND PAKAI DISH EX-ASTRO

DISH EX ASTRO

Satellite Thaicom 5 dan NSS 6 merupakan satellites yang memiliki cakupan beam yang sangat besar di Indonesia. Dish ex-Astro seperti terlihat pada gambar di atas merupakan dish OFFSET yang mana juga LNB KU-BAND yang cocok untuk dipakai adalah lnb offset ataupun lnb prime fokus ( scalar ring dimodif). Dish ex-Astro merupakan dish yang berukuran kecil, namun demikian masih cocok untuk mengelock sinyal beberapa satelit yang melintas di langit Indonesia, sepertihalnya  Thaicom 5 dan NSS6 ini. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa jenis dish offset tidak cocok untuk tracking satelit yang beamnya agak jauh atau sangat jauh dari lokasi pelacakan/ tracking.
LNBF-KU BAND yang Gunakan untuk melacak Satelit Thaicom5 dan NSS 6 adalah LNB offset HUMAX untuk Thaicom 5 dan HANSEN untuk NSS 6. Keduanya dapat mencapai kualitas signal yang maksimal.
LNBF HUMAX V.S. HANSEN
Untuk memasangkan LNBF-KU BAND OFFSET ini di bracketnya, untuk Tracking NSS 6 menghadapkan ujung connector LNBF-KU Hansen ke Arah Tanah atau menunjuk jarum jam, pukul 6. [lihat gambar berikut ini]
Close up pic.
Untuk memasangkan LNBF-KU BAND OFFSET ini di bracketnya, untuk Tracking Thaicom 5 menghadapkan ujung connector LNBF-KU Humax ke Arah Utara. [lihat gambar berikut ini]
Close-up pic.
 Untuk kedua satelit yang dilacak, sesungguhnya dapat dipasangkan LNB-KU di bracketnya dengan arah connector kabel koaksialnya yang sama, baik untuk tracking NSS6 dan Thaicom 5 dimaksud. Berhubung karena NSS 6 arah connectornya ke arah tanah, maka NSS 6 akan mendapatkan sinyal dari arah selatan dan utara. Untuk Pulau Nias, NSS6 dengan Arah connector ke tanah, maka dish mendapatkan sinyal dari arah Selatan, bukan dari utara. Sedangkan untuk Thaicom 5 dengan ujung connector kabel coax ke arah utara, maka dish akan menerima pantulan sinyal dari arah Timur atau Barat. Untuk daerah Pulau Nias, Thaicom 5 dengan arah connector di Utara, maka dish akan menerima pantulan sinyal dari arah Barat, bukan dari Timur.
berikut gambarnya:
Dipotret dari arah Selatan


Untuk setingan program/ pengaturan pemakaian FREKUENSI LNB Ku- ini dan itu di receiver adalah sebagai berikut:

 1. Apabila kabel dari LNB Ku-band melewati DiSeqC Switch, maka gunakan LNB FREK. yang  UNIVERSAL (9750-10600), simak gambar berikut: 

Melewati Port DiSeqC Switch
2. Apabila kabel dari LNB Ku-band melewati 22K-Switch dengan POSISI 'ON', maka gunakan LNB FREK. yang  10600, simak gambar berikut:

22k = ON/OK
3. Apabila kabel dari LNB Ku-band melewati 22K-Switch dengan POSISI 'OFF', maka gunakan LNB FREK. yang  9750, simak gambar berikut:

22k = OFF/ MATI

 4. Apabila tidak melewati 22k atau diSeqC Switch, maka gunakan saja 9750-10600 atau 9750.




Pohon Astro
  
Berbuah KU-BAND

Berdaun Solid dan bermodel OFFSET
Akhirnya bekerja untuk Thaicom 5 dan NSS6...SUKSES..haha...

Salam kompak....

Previous
Next Post »